PEDOMAN PELAKSANAAN PEMILIHAN PENGAWAS SEKOLAH SD, SMP, SMA, SMK BERPRESTASI TAHUN 2018

Folder Sekolahku-Pemilihan pengawas sekolah berprestasi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah bagi pengawas sekolah yang memiliki prestasi tinggi dalam bentuk keteladanan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah binaannya. 
Melalui penghargaan tersebut diharapkan dapat lebih memotivasi dan meningkatkan profesionalisme pengawas sekolah yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pendidikan nasional yang berkemajuan.

PEDOMAN PELAKSANAAN PEMILIHAN PENGAWAS SEKOLAH SD, SMP, SMA, SMK BERPRESTASI TAHUN 2018
PEDOMAN PELAKSANAAN PEMILIHAN PENGAWAS SEKOLAH SD, SMP, SMA, SMK BERPRESTASI TAHUN 2018
Tema pemilihan pengawas sekolah berprestasi tingkat nasional tahun 2018 adalah Pengawas Sekolah Berprestasi yang mampu Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan. Ruang lingkup tersebut berkaitan dengan aspek pembinaan, evaluasi dan monitoring serta penilaian sekolah antara lain melalui pembangunan budaya literasi pada satuan pendidikan, peningkatan kepemimpinan dan pengawasan pembelajaran abad 21, serta optimalisasi peran tripusat pendidikan (sekolah, keluarga, dan masyarakat) dalam penguatan pendidikan karakter, inovasi dan integritas tata kelola satuan pendidikan.
Pedoman ini diterbitkan untuk menjadi acuan bagi penyelenggara pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Kami mengharapkan kerjasama dari semua pihak terkait agar pelaksanaan Pemilihan Pengawas Sekolah Berprestasi pada Tahun 2018 dapat lebih berkualitas baik penyelenggaraan maupun hasilnya.
 
Jakarta, Maret 2018
Direktur,
Dr. Drs. Bambang Winarji, M.Pd
NIP 196101261988031002
Tema
Tema Pemilihan Pengawas Sekolah Berprestasi adalah: “Pengawas Sekolah Berprestasi yang mampu Mewujudkan Pendidikan Berkemajuan”

Pengertian
Pemilihan pengawas sekolah berprestasi adalah proses seleksi berjenjang dalam rangka menentukan figur pengawas sekolah yang dapat dijadikan contoh dan suri teladan bagi warga sekolah dan masyarakat.
Figur pengawas sekolah berprestasi adalah pengawas sekolah yang memiliki penguasan kompetensi tinggi, prestasi/kinerja unggul, etos kerja tinggi, dan karakter mulia

Prinsip Penyelenggaraan
  1. Objektif dan komprehensif: berbasis data dan bukti fisik (evidence) terkait dengan, kompetensi, prestasi, etos kerja, dan karakter mulia.
  2. Adil: proses pemilihan pengawas sekolah berprestasi bebas dari kepentingan kelompok atau golongan, suku, agama, ras, daerah, politik, dan lain-lain.
  3. Integritas dan akuntabel: proses pemilihan pengawas sekolah berprestasi dilaksanakan secara jujur dan dapat dipertanggungjawabkan.
  4. Transparan: proses pemilihan pengawas sekolah berprestasi dilakukan secara terbuka dan mengacu pada pedoman pelaksanaan yang berlaku.
  5. Demokratis: proses pemilihan pengawas sekolah berprestasi dilakukan dalam suasana kebebasan dan tanpa adanya tekanan.
Tujuan
Pemilihan Pengawas Sekolah Berprestasi Tahun 2018 bertujuan:
  1. memilih pengawas sekolah berprestasi pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional;
  2. memberikan penghargaan kepada pengawas sekolah berprestasi.
  3. menciptakan agen perubahan (agent of change) melalui pemilihan pengawas sekolah berprestasi.
Manfaat
  1. Meningkatnya kreativitas dan prestasi pengawas sekolah dalam pembinaan dan pengawasan sekolah untuk mewujudkan pendidikan yang berkemajuan;
  2. Meningkatnya kebanggaan, komitmen, dan pengembangan karier pengawas sekolah terhadap tugas dan fungsi pokoknya; dan
  3. Menjadikan motivasi dan inspirasi bagi pengawas sekolah lainnya.
Lomba Pemilihan Pengawas Sekolah Berprestasi Tahun 2018 terdiri atas 4 kategori yaitu :
  1. Pengawas SD Berprestasi
  2. Pengawas SMP Berprestasi
  3. Pengawas SMA Berprestasi
  4. Pengawas SMK Berprestasi
Lihat riview berikut.



Baca yang lainnya :
Kegiatan Pemilihan Pengawas Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018 merupakan wujud nyata perhatian pemerintah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional. Melalui pemilihan ini pemerintah memberikan apresiasi untuk memotivasi pengawas sekolah dalam meningkatkan profesionalismenya.
Pedoman ini digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan pemilihan pengawas sekolah berprestasi di tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan program pemilihan pengawas sekolah berprestasi nasional. semoga pelaksanaan kegiatan pemilihan pengawas sekolah berprestasi tingkat nasional ini dapat berjalan dengan baik, sukses, dan tepat sasaran.

0 Response to "PEDOMAN PELAKSANAAN PEMILIHAN PENGAWAS SEKOLAH SD, SMP, SMA, SMK BERPRESTASI TAHUN 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel