Pedoman Umum Program PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru Tahun 2018

Buku Pedoman Umum Program PKB Tahun 2018, https://foldersekolahku.blogspot.com/
Buku Pedoman Umum Program PKB Tahun 2018
Direktoran Jenderan Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2018 telah mengeluarkan buku pedoman untuk pelaksanaan PKB memalui Pendidikan dan Pelatihan Guru.

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru yang selanjutnya disebut Program Diklat Guru merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan (Ditjen GTK) dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) di seluruh Indonesia sehingga dapat diketahui kondisi objektif guru saat ini dan kebutuhan peningkatan kompetensinya.

Silahkan download.
Download Pedoman Festival Menulis Guru TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/MAK, SLB, dan Sederajat PGRI Tahun 2018
Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru pasca UKG yang pada tahun 2016 bernama Program Guru Pembelajar, pada tahun 2017 bernama Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan pada tahun 2018 ini bernama Program Diklat Guru. Program Diklat Guru akan menggunakan moda tatap muka. Tujuan Program Diklat Guru adalah untuk meningkatkan
kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Pada tahun 2018, diharapkan terjadi kenaikan capaian nilai UKG dengan rata-rata nasional 75.

Lihat dan Baca : 
DOWNLOAD BUKU 3 PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU, PANDUAN PENYELENGGARAAN DIKLAT CALON TIM PENILAI JABATAN FUNGSIONAL GURU
Program Diklat Guru dilaksanakan berbasis komunitas guru dan tenaga kependidikan (komunitas GTK). Pemberdayaan komunitas GTK melalui Pusat Kegiatan Gugus/ Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), Kelompok KerjaKepala Sekolah (KKKS), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) serta Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) merupakan salah satu prioritas program Ditjen GTK. Oleh karena itu, Ditjen GTK melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan, Teknologi Informasi, dan Komunikasi (LPPPTK KPTK), Dinas Pendidikan dan instansi publik lainnya menyelenggarakan Program Diklat Guru berbasis komunitas GTK.

Program Diklat Guru terbagai menjadi dua rancang bangun program diklat. Rancang bangun program diklat yang pertama adalah program diklat bagi guru kelas, guru mata pelajaran, dan guru bimbingan konseling yang pola peningkatan kompetensinya menggunakan acuan 10 modul Diklat dan diakhiri dengan post test. Rancang bangun program diklat yang kedua adalah yang diberlakukan bagi kejuruan (guru produktif) atau guru kompetensi keahlian.

Pedoman Umum Program PKB Tahun 2018, https://foldersekolahku.blogspot.com/
Pedoman Umum Program PKB Tahun 2018
Rerata Hasil UKG Tahun 2015, 2016, 2017 untuk setiap jenjang pendidikan

Rerata Hasil UKG Tahun 2015, 2016, 2017 setiap jenjang pendidikan, https://foldersekolahku.blogspot.com/
Rerata Hasil UKG Tahun 2015, 2016, 2017 setiap jenjang pendidikan
TUJUAN

Pedoman ini disusun untuk digunakan sebagai acuan kerja bagi semua unit kerja/instansi yang akan melaksanakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru bagi guru kelas, guru mata pelajaran, guru bimbingan konseling untuk semua jenjang pendidikan dan guru kejuruan.

Silahkan unduh filenya di bawah ini.

Kami ucapkan setinggi-tinggi kepada semua pihak yang telah berkunjung dan menggunakan blog kami ini sebagai sarana media komunikasi untuk meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan di Indonesia.

0 Response to "Pedoman Umum Program PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru Tahun 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel