Download Pedoman Festival Menulis Guru TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/MAK, SLB, dan Sederajat PGRI Tahun 2018

Download Pedoman Festival Menulis Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK,SLB, dan Sederajat PGRI Tahun 2018, https://foldersekolahku.blogspot.com/
Download Pedoman Festival Menulis Guru TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK,,SLB, dan Sederajat PGRI Tahun 2018
Tahun 2018 ini organisasi profesi yaitu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) telah memberikan kesempatan kepada seluruh guru baik Guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan sederajat untuk membuat tulisan dalam bentuk cerita dan artikel.

A. Latar Belakang
Salah satu program kegiatan Pengurus Besar PGRI pada tahun 2018 adalah Festival Menulis Guru PGRI. Menulis merupakan gerbang peradaban dunia, Menulis adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan bermanfaat karena dengan menulis bisa memperlihatkan luasnya dunia. Menulis sebagai bagian dari budaya literasi menjadi sangat penting bagi seorang guru yang mempunyai tugas mulia mencerdaskan kehidupan berbangsa dengan membekali para peserta didiknya untuk membangun bangsa. Keterampilan menulis merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh semua guru.
Keterampilan menulis adalah keterampilan paling tinggi dalam berbahasa. Di dalam aktivitas menulis, seseorang berusaha menata gagasan sesuai dengan topik tertentu melalui berbagai lambang kebahasaan, termasuk kaidah yang digunakan. Menulis adalah sebuah wujud kreativitas manusia. Guru perlu melakukan kreativitas menulis dalam rangka mendorong dan memotivasi peserta didik untuk gemar membaca dan menulis. Aktivitas ini menjadi bagian dari apresiasi dalam pendidikan di sekolah. Untuk mewujudkan harapan tersebut, Pengurus Besar PGRI menyelenggarakan Festival Menulis PGRI Guru Tahun 2018 dengan tema: "Pendidikan di Abad 21". Festival ini memberi kesempatan kepada para guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan sederajat untuk menunjukkan bakat dan talentanya dalam menulis.

B. Dasar Hukum
Dasar hukum yang digunakan sebagai landasan pelaksanaan Festival Menulis Guru PGRI Tahun 2018, sebagai berikut.
  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum.
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  9. Keputusan Kongres XXI PGRI Nomor IV/KONGRES/XXI/PGRI/2013 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PGRI.
  10. Keputusan Konferensi Kerja Nasional V PGRI Tahun 2018 Masa Bakti XXI Nomor IV/KONKERNAS V /XXI/2018 tentang Program Kerja Pengurus Besar PGRI Tahun 2018 Masa Bakti XXI Tahun 2013-2019.

C. Tujuan
     Festival Menulis Guru PGRI ini bertujuan:
  1. Membangkitkan minat guru PGRI dalam aktivitas menulis dalam bentuk cerita dan artikel.
  2. Memberi tantangan kepada guru PGRI untuk mengembangkan keterampilan abad 21 melalui sebuah tulisan.
  3. Mengasah dan meningkatkan kemampuan guru PGRI untuk menyusun cerita dan artikel yang berkualitas dan layak dibaca.
  4. Memupuk sikap positif, rasa cinta, dan bangga terhadap budaya tulis.
  5. Menggali kemampuan para guru PGRI yang memiliki kemampuan menulis cerita dan artikel.
  6. Menumbuhkan kreativitas guru PGRI dalam meningkatkan mutu pendidikan.

D. Lingkup dan Sasaran
  1. Lingkup yang dilombakan dalam festival ini adalah tulisan tentang cerita anak, cerita remaja, dan artikel.
  2. Sasaran kegiatan Festival Menulis Guru PGRI Tahun 2018 adalah para guru anggota PGRI di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang mencakup guru:

          a. Guru TK/RA;
          b. Guru SD/MI;
          c. Guru SMP/MTs;
          d. Guru SMA/SMK/MA/MAK; dan
          e. Guru SLB.

E. Hasil Yang Diharapkan
     Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah:
  1. Munculnya motivasi guru untuk menulis cerita anak dan remaja, serta artikel mengangkat budaya lokal daerah dari seluruh Indonesia.
  2. Terdokumentasikan karya guru berupa cerita anak dan remaja, serta artikel mengangkat budaya lokal daerah dari seluruh Indonesia.
  3. Terdiseminasikannya hasil karya guru berupa cerita anak dan remaja serta artikel mengangkat budaya lokal daerah kepada teman sejawat.
  4. Terpublikasikannya hasil karya guru berupa cerita anak dan remaja serta artikel dari karya terbaik Tingkat Kabupaten/Kota, Tingkat Provinsi, dan Tingkat Nasional yang dapat digunakan sebagai referensi dan inspirasi dalam peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran.
Selengkapnya silahkan unduh di bawah ini.
Merekomendasikan :
Contoh-Contoh Laporan Pembuatan Karya Inovatif Pembelajaran (Inobel) Guru
Demikianlah yang dapat informasikan kepada semua pendidik atau guru yang berminat untuk mengikuti Festival Menulis Guru TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/MAK, SLB, dan Sederajat PGRI Tahun 2018.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Download Pedoman Festival Menulis Guru TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA/MAK, SLB, dan Sederajat PGRI Tahun 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel