Inilah Materi Lengkap Tentang Analisis SKL-KI-KD-IPK-Silabus Tematik SD Kurikulum 2013

Sebagai info guru kami membagikan materi bimbingan teknis (Bimtek) tentang kurikulum 201, maka dengan hal tersebut kami sediakan secara lengkap materi pokok seperti di bawah ini.
Silahkan simak terlebih dahulu sebelum mendownlaod / mengunduhnya.
2.1 a Handout Keterkaitan SKL, KI KD dan Pedoman Perancangan Pembelajaran Tematik
Deskripsi Standar Kompetensi Lulusan
Standar Kompetensi Lulusan merupakan salah satu dari delapan Standar Nasional Pendidikan sebagaimana yang ditetapkan dalam Pasal 35 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang akan menjadi acuan bagi pengembangan kurikulum dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
Berdasarkan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan, Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Setiap lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah memiliki kompetensi pada tiga dimensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 

Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A; SMP/MTs/SMPLB/Paket B; dan SMA/MA/ SMALB/Paket C memiliki kompetensi pada dimensi sikap sebagai berikut.


Memetakan kompetensi dasar dari semua mata pelajaran dalam satu tahun ajaran 
Contoh pemetaan KD Matematika kelas 1 semester 1


Membuat jaringan tema dari semua mata pelajaran


2.1. a. Handout Perumusan Indikator

Pengertian
Indikator adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar (KD) tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran, (Mulyasa, 2007:139). 

Fungsi

Fungsi indikator antara lain sebagai pedoman dalam:
1. Mengembangkan materi pembelajaran atau bahan ajar.
2. Mendesain kegiatan pembelajaran.
3. Merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar.

Ketentuan Merumuskan Indikator

1. Indikator dirumuskan dari KD.
2. Menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang dapat diukur.
3. Dirumuskan dalam kalimat yang simpel, jelas dan mudah dipahami.
4. Tidak menggunakan kata yang bermakna ganda.
5. Hanya mengandung satu tindakan.
6. Memperhatikan karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan peserta didik, sekolah, masyarakat dan lingkungan/daerah.

Langkah-langkah Merumuskan Indikator
A. Menganalisis tingkat kompetensi yang digunakan pada KD
1. Memahami Kata Kerja Operasional dalam Taxonomi Bloom


2.1..a PPT Perumusan Indikator


Pengertian
Indikator adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar (KD) tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran, (Mulyasa, 2007:139). 
Fungsi
Fungsi indikator antara lain sebagai pedoman dalam:
mengembangkan materi pembelajaran atau bahan ajar, mendesain kegiatan pembelajaran merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar.

2.1.a PPT Keterkaitan SKL Ki KD dan Pedoman Perancangan Pembelajaran Tematik


2.1.a Silabus Bimtek  SKL, KI. KD Tematik


Model Silabus  Tematik SD

Untuk Bapak dan Ibu apalagi sebagai instruktuk atau mentor dalam bimbingan teknis kurikulum 2013 silahkan unduh materi semuanya pada link yang telah disedikan di bawah ini, tidak menutup kemungkinan untuk guru kelas maupun guru bidang jenjang sekolah dasar juga dapat bermanfaat, karena semua materi ini sangatlah penting sekali tentang Analisis SKL-KI-KD-IPK-Silabus Tematik SD Kurikulum 2013.
Please download / unduh semuanya di bawah ini.
Unduh atau download juga yang penting lainnya pada link di bawah ini.
Demikianlah yang bisa saya sampaikan, tidak lah lain postingan ini hanya untuk berbagi saja. Karena dengan berbagi tidaklah merugi, bahkan untuk di kemudian hari, sebagai bahan simpanan kita dikelak akhir nanti. Semoga saja pendidikan di negeri tercinta ini lebih maju dan lebih di sejajarkan dengan pendidikan negara-negara lain di dunia. Amin amin amin. Semoga saja tercapai harapan kita.
Ingatlah Pepatah Pendidikan di bawah ini.
The aim of education should be to teach us rather how to think, than what to think - rather to improve our minds, so as to enable us to think for ourselves, than to load the memory with thoughts of other men.  ~Bill Beattie
Tujuan pendidikan harusnya untuk mengajarkan kita cara bagaimana berpikir, daripada mengajarkan apa yang harus dipikirkan – mengajarkan memperbaiki otak kita sehingga membuat kita bisa berpikir untuk diri sendiri, daripada membebani memori otak kita dengan pemikiran orang lain.

0 Response to "Inilah Materi Lengkap Tentang Analisis SKL-KI-KD-IPK-Silabus Tematik SD Kurikulum 2013"

Post a Comment