Aplikasi Administrasi Perpustakaan

http://foldersekolahku.blogspot.co.id- Berbagi ,,, Organiasasi  perpustakaan  merupakan penyatuan langkah dari seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan oleh elemen-elemen dalam suatu lembaga. Prosese pengorganisasian suatu perpustakaan akan berjalan dengan baik apabila memeliki sumber daya, sumber dana, prosedur, koordinasi dan pengarahan pada langkah-langkah tertentu. Oleh karena itu, diperlukan penyesuaian terus-menerus antar bagian dalam suatu organisasi. Menurut Bernard, organisasi adalah suatu. sistem mengenai usaha-usaha kerjasama yang dilakukan. oleh dua orang atau lebih. James D. Mooney merumuskan bahwa organisasi ialah setiap bentuk perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama. Sondang P. Siagian mengatakan, bahwa organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau. lebih yang bekerja sama. untuk mencapai suatu tujuan. bersama, dan terikat secara formal dalam suatu ikatan. hirarkis dan selalu terdapat hubungan antara seseorang atau sekelompok orang yang disebut pimpinan dan seorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan.

Pendapat  para, ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa organisasi diwujudkan oleh adanya sekelompok orang yang berserikat dan bekerjasama untuk mencapai suatu. kepentingan yang telah disetujui bersama. Butir-butir penting yang dapat dirumuskan dari definisi organisasi adalah:
a. adanya kelompok orang yang bekerja sama
b. adanya tujuan tertentu. yang akan di capai
c. adanya pekerjaan yang akan dikerjakan
d. adanya penetapan dan. pengelompokan. Pekerjaan
e. adanya wewenang dan tanggung jawab
f. adanya pendelegasian wewenang
g. adanya hubungan satu. sama lain
h. adanya penempatan. orang yang akan melakukan pekerjaan
i. adanya tata tertib yang harus ditaati
Penyusunan Organisasi Perpustakaan Perpustakaan adalah organisasi, berupa lembaga, atau unit keria yang bertugas menghimpun koleksi pustaka dan menyediakannya bagi masyarakat untuk dirnanfaatkan. Lembaga merupakan organisasi yang otonom, sedang unit kerja merupakan organisasi di dalam oqganisasi, sehingga memiliki lembaga induk. Tujuan perpustakaan sebagai organisasi otonom agak berbeda dengan tujuan perpustakaan sebagai anak suatu organisasi yang telah mempunyai tujuan tertentu. Tujuan perpustakaan yang terakhir ini mendukung tujuan lembaga induknya.
Perpustakaan adalah organisasi, berupa lembaga, atau unit keria yang bertugas menghimpun koleksi pustaka dan menyediakannya bagi masyarakat untuk dirnanfaatkan. Lembaga merupakan organisasi yang otonom, sedang unit kerja merupakan organisasi di dalam oqganisasi, sehingga memiliki lembaga induk. Tujuan perpustakaan sebagai organisasi otonom agak berbeda dengan tujuan perpustakaan sebagai anak suatu organisasi yang telah mempunyai tujuan tertentu. Tujuan perpustakaan yang terakhir ini mendukung tujuan lembaga induknya.
Administrasi perpustakaan Merupakan keseluruhan proses kegiatan yang dilakukan di perpustakaan dengan menggunakan fasilitas yang ada untuk memperlancar dan memepercepat tercapainya tujuan perpustakaan (Rompas,1985 : 12)
a.Administrasipengolahanbuku
adalah rangkaian pekerjaan dalam mempersiapkan buku agar mudah diperoleh dan diketahui informasi yang ada didalamnya, terdiri atas :
- Inventarisasi (pembukaan buku induk)
- Yaitu mencatatkan ke buku induk perpustakaan kekayaan koleksi perpustakaan.
- Cap inventarisasi dan cap perpustakaan
- Klasifikasi
- Yaitu menentukan subjek yang dimiliki buku dengan angka klasifikasi
- Katalogisasi
- Adalah member informasi singkat tentang buku baik fisik dan subjeknya
- Label buku dan sampel
- Filling dan Shelving
-Statistikpengolahan
b.  Administrasi Pelayanan yaitu : membantu pengguna pustaka untuk mendapatkan bahan bacaan dan informasi yang diperlukan, yang meliputi :
1. Menyusun layout ruangan
2. Memelihara susunan buku di rak
3. Menyusun aturan dan tata tertib ruangan
4. Menerima anggota perpustakaan
5. Melaksanakan peminjaman dan pengembalian buku
6. Memberikan pelayanan informasi dan referensi
7. Memberkan bimbingan membaca
8.Menyusunstatistikdanlaporanpelayananperpustakaan

c. Administrasi Pemeliharaan Buku Menyangkut hal-hal berikut :
a) Buku kotor sanksinya diberi peringatan saja.
b) Buku rusak dinasehati dan apabila kerusakannya besar diganti.
c)Bukuyanghilang sanksinya diganti
dan banyak lagi....
Selengkapnya silahkan unduh :
Semoga dengan adanya aplikasi ini perpustakaan Bapak Ibu menjadi tempat yang benar-benar berguna bagi semuanya, khususnya bagi peserta didik. Amin
Salam http://foldersekolahku.blogspot.co.id

0 Response to "Aplikasi Administrasi Perpustakaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel