Raport Kurikulum 2013 SD Hasil Revisi 2016 Lengkap Petunjuk Pengisian Excel dan Word


Raport Kurikulum 2013 SD Edisi Revisi 2016 Lengkap dengan Petunjuk Pengisian - http://foldersekolahku.blogspot.co.id kali ini berbagi Raport K 2013 yang sudah direvisi.
Laporan hasil belajar peserta didik pada kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2016 sedikit mengalami perubahan dari pada format rapor K13 sebelumnya, contoh raport kurikulum 2013 Sekolah Dasar ini kami lengkapi dengan petunjuk pengisian hingga contoh deskripsi, nilai dan predikat pada kompetensi sikap spritual dan sosial (deskripsi), kompetensi pengetahuan, nilai, predikat dan deskripsi dan kompetensi keterampilan yang serta merta kami lengkapi contoh nilai, predikat dan deskripsi.
Petunjuk Pengisian Rapor Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 dari Permendikbud no 53 tahun 2015
Laporan Rapor Peserta Didik dipergunakan selama peserta didik yang bersangkutan mengikuti seluruh program pembelajaran di Sekolah Dasar tersebut, Identitas Sekolah diisi dengan data yang sesuai dengan keberadaan Sekolah Dasar,  Daftar Peserta didik diisi oleh data siswa yang ada dalam Rapor Peserta Didik ini,  Identitas Peserta didik diisi oleh data yang sesuai dengan keberadaan peserta didik.
Rapor Peserta Didik harus dilengkapi dengan pas foto berwarna (3 x 4) dan pengisiannya dilakukan oleh Guru Kelas, Kompetensi inti 1 (KI-1) untuk sikap spiritual diambil dari KI-1 pada muatan pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti.
Kompetensi inti 2 (KI-2) untuk sikap sosial diambil dari KI-2 pada muatan pelajaran PKn, Kompetensi inti 3 dan 4 (KI-3 dan KI-4) diambil dari KI-3 dan KI-4 pada semua muatan pelajaran, Sikap ditulis dengan deskripsi, menggunakan kalimat positif, berisi perkembangan sikap/perilaku siswa yang sangat baik dan/atau baik dan yang mulai/sedang berkembang berdasarkan kumpulan hasil observasi (catatan), Pengetahuan dan keterampilan ditulis dengan angka, predikat dan deskripsi untuk masing-masing muatan pelajaran. Untuk deskripsi raport kurikulum 2013 selengkapnya juga bisa di baca klik contoh deskripsi kurikulum 2013 edisi revisi

Ini Contoh skema deskripsi penilaian kurikulum 2013
Mekanisme penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian Hasil Belajar oleh pendidik dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan pengukuran pencapaian satu atau lebih Kompetensi Dasar.  Penilaian aspek sikap dilakukan melalui observasi/pengamatan sebagai sumber informasi utama dan pelaporannya menjadi tanggungjawab wali kelas atau guru kelas.

Hasil penilaian pencapaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat atau deskripsi, penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai, penilaian keterampilan dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio, dan/atau teknik lain sesuai dengan kompetensi yang dinilai.

Hasil penilaian pencapaian pengetahuan dan keterampilan oleh pendidik disampaikan dalam bentuk angka dan/atau deskripsi; dan  peserta didik yang belum mencapai KKM harus mengikuti pembelajaran remedi.

Kenaikan Kelas pada kurikulum 2013
Hasil belajar yang diperoleh dari penilaian oleh pendidik digunakan untuk menentukan kenaikan kelas peserta didik.  Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas apabila hasil belajar dari paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran pada kompetensi pengetahuan, keterampilan belum tuntas dan/atau sikap belum baik.
Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) tidak berlaku bagi peserta didik SDLB/SMPLB/SMALB/SMKLB.

Deskripsi Penilaian Sikap pada Kurikulum 2013 Revisi

Berikut contoh deskripsi penilaian sikap spritual oleh wali kelas.

Contoh kesimpulan hasil deskripsi penilaian sikap sosial oleh wali kelas
Pada dua aspek kesimpulan hasil deskripsi tersebut dapat kita tarik kesimpulan. kalimat "mulai berkembang",menjadi deskripsi yang muncul apabila anak didik kita pada penilaian kurikulum 2013 berada pada rentang nilai cukup/kurang maka memunculkan kalimat mulai berkembang.
Sebaliknya pada kalimat  "kepedulian meningkat" ini berada pada rentang nilai baik.
 
Lebih jelasnya silahkan lihat tampilan berikut ini!


File Word >>> DOWNLOAD
File Excel >>> DOWNLOAD 

Demikianlah yang bisa dibagikan kali ini. Semoga saja membantu Bapak dan Ibu khususnya yang mengajar di Sekolah Dasar dengan memberlakukan Kurikulum 2013.

0 Response to "Raport Kurikulum 2013 SD Hasil Revisi 2016 Lengkap Petunjuk Pengisian Excel dan Word"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel