Download Cara Membuat Kubus Alat Peraga Kubus dari Kertas-Sambil Praktek Teori Bruner-SD/MI
Download Cara Membuat Alat Peraga Kubus dari Kertas-Sambil Praktek Teori Bruner - Bapak dan Ibu guru yang kami banggakan, kali ini kami akan membagikan cara membuat alat peraga membuat kubus. Untuk memperaktekannya silahkan anak-anak bimbing secara runtut sebagaimana yang telah kami sediakan pada bagian artikel di bawah ini. Yaitu mulai dari bahan, peralatan serta cara membuat atau langkah-langkah pembuatan mulai dari awal sampai selesai ada pada lembaran yang akan di download nanti di bawah.
Cara Membuat Alat Peraga Kubus dari Kertas-Sambil Praktek Teori Bruner
Cara Membuat Alat Peraga Kubus dari Kertas-Sambil Praktek Teori Bruner
Alat peraga sangat penting untuk membantu siswa memahami ide-ide matematika yang bersifat abstrak. Terutama untuk siswa Sekolah Dasar (SD).
Menurut Bruner, proses pembelajaran sebaiknya menggunakan tiga tahap, yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik; sehingga melalui tiga tahap tersebut proses pembelajarannya menjadi optimal.
a. Tahap Enaktif. Pada tahap ini, para siswa dituntut untuk mempelajari pengetahuan (matematika tentunya) dengan menggunakan sesuatu yang “konkret” atau “nyata” yang berarti dapat diamati menggunakan panca indera. Contohnya, ketika akan membahas kubus, siswa diminta membuat da mengamati model kubus sehingga siswa akan lebih mudah mempelajari materi kubus tersebut.
b. Tahap Ikonik. Setelah mempelajari pengetahuan dengan benda nyata atau benda konkret, tahap berikutnya adalah tahap ikonik, dimana para siswa mempelajari suatu pengetahuan dalam bentuk gambar atau diagram sebagai perwujudan dari kegiatan yang menggunakan benda konkret atau nyata tadi. Sebagai contoh, dalam proses pembelajaran kubus, langkah berikutnya adalah menggambar kubus.
c. Tahap Simbolik. Pada tahap ini, siswa hanya mengenai istilah seperti ‘sisi’, ‘rusuk’ dan ‘titik sudut’ tanpa benda nyata dan gambar lagi. Meskipun ketika ulangan, siswa masih dimungkinkan untuk menggambar sendiri bangun datar yang disebut kubus tersebut Dengan demikian proses pembelajaran matematika adalah memulai dengan sesuatu yang benar-benar konkret dalam arti dapat diamati dengan menggunakan panca indera, baru ke bentuk gambar sebelum hanya menggunakan pikiran saja. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat model kubus dari kertas.
Menurut Bruner, proses pembelajaran sebaiknya menggunakan tiga tahap, yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik; sehingga melalui tiga tahap tersebut proses pembelajarannya menjadi optimal.
a. Tahap Enaktif. Pada tahap ini, para siswa dituntut untuk mempelajari pengetahuan (matematika tentunya) dengan menggunakan sesuatu yang “konkret” atau “nyata” yang berarti dapat diamati menggunakan panca indera. Contohnya, ketika akan membahas kubus, siswa diminta membuat da mengamati model kubus sehingga siswa akan lebih mudah mempelajari materi kubus tersebut.
b. Tahap Ikonik. Setelah mempelajari pengetahuan dengan benda nyata atau benda konkret, tahap berikutnya adalah tahap ikonik, dimana para siswa mempelajari suatu pengetahuan dalam bentuk gambar atau diagram sebagai perwujudan dari kegiatan yang menggunakan benda konkret atau nyata tadi. Sebagai contoh, dalam proses pembelajaran kubus, langkah berikutnya adalah menggambar kubus.
c. Tahap Simbolik. Pada tahap ini, siswa hanya mengenai istilah seperti ‘sisi’, ‘rusuk’ dan ‘titik sudut’ tanpa benda nyata dan gambar lagi. Meskipun ketika ulangan, siswa masih dimungkinkan untuk menggambar sendiri bangun datar yang disebut kubus tersebut Dengan demikian proses pembelajaran matematika adalah memulai dengan sesuatu yang benar-benar konkret dalam arti dapat diamati dengan menggunakan panca indera, baru ke bentuk gambar sebelum hanya menggunakan pikiran saja. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat model kubus dari kertas.
1. Mengambil kertas sebarang lalu membuat kertas terse but menjadi berbentuk persegi. Kalau kertas sebarang tadi sudah berbentuk persegi maka tidak perlu lagi membuatnya menjadi berbentuk persegi.
gambar langkah1 |
2. Lipat pada diagonal-diagonalnya maupun tengah-tengah lalu buka sehingga terlihat bekas lipatannya seperti gambar berikut.
gambar langkah 2 |
3. Melaui bekas lipatan yang di tengah buat seperti gambar di bawah berikut.
Perhatikan bahwa gambarnya sudah diperbesar.
Perhatikan bahwa gambarnya sudah diperbesar.
gambar langkah 3 |
Selengkapnya silahkan unduh di bawah ini.
Silahkan peraktekan dengan anak-anak, kemudian berilah penilaian.
Selamat berkreasi. Semoga sukses
0 Response to "Download Cara Membuat Kubus Alat Peraga Kubus dari Kertas-Sambil Praktek Teori Bruner-SD/MI "
Post a Comment