Download Cara Membuat Kubus Alat Peraga Kubus dari Kertas-Sambil Praktek Teori Bruner-SD/MI

Download Cara Membuat Alat Peraga Kubus dari Kertas-Sambil Praktek Teori Bruner - Bapak dan Ibu guru yang kami banggakan, kali ini kami akan membagikan cara membuat alat peraga membuat kubus. Untuk memperaktekannya silahkan anak-anak bimbing secara runtut sebagaimana yang telah kami sediakan pada bagian artikel di bawah ini. Yaitu mulai dari bahan, peralatan serta cara membuat atau langkah-langkah pembuatan mulai dari awal sampai selesai ada pada lembaran yang akan di download nanti di bawah.
Cara Membuat Alat Peraga Kubus dari Kertas-Sambil Praktek Teori Bruner
 Alat peraga sangat penting untuk membantu siswa memahami ide-ide matematika  yang  bersifat  abstrak.  Terutama  untuk siswa Sekolah Dasar (SD).
Menurut Bruner, proses pembelajaran  sebaiknya  menggunakan  tiga  tahap, yaitu  tahap  enaktif,  ikonik  dan  simbolik;  sehingga melalui  tiga  tahap  tersebut proses pembelajarannya menjadi optimal. 
a. Tahap Enaktif. Pada  tahap  ini,  para  siswa  dituntut  untuk  mempelajari pengetahuan  (matematika  tentunya)  dengan  menggunakan sesuatu yang “konkret”  atau  “nyata”  yang  berarti  dapat  diamati  menggunakan  panca indera.  Contohnya,  ketika  akan  membahas  kubus,  siswa  diminta  membuat da  mengamati  model  kubus  sehingga  siswa  akan  lebih mudah  mempelajari materi kubus tersebut. 
b. Tahap  Ikonik.  Setelah mempelajari pengetahuan  dengan benda nyata  atau benda  konkret,  tahap  berikutnya  adalah  tahap  ikonik,  dimana  para  siswa mempelajari suatu pengetahuan dalam bentuk gambar atau diagram sebagai perwujudan  dari  kegiatan  yang  menggunakan  benda  konkret  atau  nyata tadi. Sebagai contoh, dalam proses pembelajaran kubus, langkah berikutnya adalah menggambar kubus.
c. Tahap Simbolik.  Pada  tahap  ini,  siswa  hanya  mengenai  istilah  seperti ‘sisi’, ‘rusuk’ dan ‘titik sudut’ tanpa benda nyata dan gambar lagi. Meskipun ketika ulangan,  siswa  masih  dimungkinkan  untuk  menggambar sendiri  bangun datar yang disebut kubus tersebut Dengan  demikian  proses  pembelajaran  matematika adalah memulai dengan sesuatu yang benar-benar konkret dalam arti dapat diamati dengan menggunakan panca indera, baru ke bentuk gambar sebelum hanya menggunakan pikiran saja. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat model kubus dari kertas.

1. Mengambil kertas sebarang lalu membuat kertas terse but menjadi berbentuk persegi.  Kalau  kertas  sebarang  tadi sudah berbentuk persegi maka tidak perlu lagi membuatnya menjadi berbentuk persegi. 
Download Cara Membuat Kubus Alat Peraga Kubus dari Kertas-Sambil Praktek Teori Bruner-SD/MI
gambar langkah1

2. Lipat pada diagonal-diagonalnya maupun tengah-tengah lalu buka sehingga terlihat bekas lipatannya seperti gambar berikut. 
Download Cara Membuat Kubus Alat Peraga Kubus dari Kertas-Sambil Praktek Teori Bruner-SD/MI
gambar langkah 2
3. Melaui bekas lipatan yang di tengah buat seperti  gambar  di  bawah berikut. 
Perhatikan bahwa gambarnya sudah diperbesar. 
Download Cara Membuat Kubus Alat Peraga Kubus dari Kertas-Sambil Praktek Teori Bruner-SD/MI
gambar langkah 3
dan seterusnya.....
Selengkapnya silahkan unduh di bawah ini.
Silahkan peraktekan dengan anak-anak, kemudian berilah penilaian. 
Selamat berkreasi. Semoga sukses

0 Response to "Download Cara Membuat Kubus Alat Peraga Kubus dari Kertas-Sambil Praktek Teori Bruner-SD/MI "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel