CONTOH PROPOSAL KEGIATAN PELAKSANAAN PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013

CONTOH PROPOSAL KEGIATAN PELAKSANAAN PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013-http://foldersekolahku.blogspot.co.id. Assalamu'alaikim. Wr. Wb.
Saat ini pengembangan  Kurikulum 2013, sudah memasuki tahap implementasi bertahap-terbatas pada satuan pendidikan yang telah ditetapkan sebagai sekolah piloting. 
Keberhasilan suatu kurikulum memerlukan proses panjang, yang meliputi kajian dan kristalisasi berbagai gagasan, konsep ideal tentang pendidikan, pengembangan desain kurikulum, penyiapan dan penugasan pendidik dan tenaga kependidikan, penyediaan sarana dan prasarana, penyiapan dan pelaksanaan kurikulum, pembelajaran, dan penilaian. 
Sebelum melaksanakan Kurikulum 2013, sejumlah guru dari setiap sekolah diberikan pelatihan. Meskipun telah memperoleh pelatihan, mereka masih memerlukan pendampingan di sekolah yang secara langsung dapat membantu mereka melaksanakan Kurikulum 2013.
Dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 secara menyeluruh diperlukan upaya pendampingan untuk pemantapkan pemahaman konsep dan implementasi kurikulum. Selain itu kegiatan pendampingan juga diharapkan dapat membantu mengatasi berbagai kendala dan permasalahan dalam implementasi kurikulum tersebut di tingkat satuan pendidikan. 
Pelaksanaan pendampingan Kurikulum 2013 didasarkan pada landasan sebagai berikut:
1. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301);
2. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 15, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
3. ...
Adapun Tujuan Pendampingan Kurikulum 2013 yaitu :
1. Memberikan fasilitas dalam pelaksanaan kurikulum di SMP
2. Memberikan bantuan konsultasi pemodelan (modelling) dan penguatan secara personal dan spesifik (coaching) dalam pelaksanaan kurikulum secara langsung SMP
3. Membantu memberikan solusi kontekstual dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan kurikulum di SMP
4. Membangun budaya mutu sekolah kepada pengawas,kepala sekolah,guru,tenaga kependidikan, orang tua murid,/komite sekolah dan pemangku kepentingan SMP melalui program pendampingan yang dilakukan secara Inovatif kontekstual dan berkelanjutan.

Untuk itu kami siapkan file-file yang bisa di unduh/di download di bawah ini, dan setelah berhasil silahkan edit diedit.
Untuk L-1 Profil silahkan sesuaikan dengan profil masing-masing sekolah Bapak/Ibu.
Demikian yang dapat dishare kali ini.
Selamat bekerja semoga sukses selalu. Amin

0 Response to "CONTOH PROPOSAL KEGIATAN PELAKSANAAN PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel